Cara Agar Kayu Tidak dimakan Rayap Tanah

Rayap memang salah satu hama pemakan apa saja yang terbuat dari kayu, jika dibiarkan secara terus menerus perabotan anda akan menjadi keropos dan rusak. Untuk itu anda perlu waspada dengan kehadiran hewan pemakan kayu yang satu ini.

Sebenarnya ada langkah yang bisa anda lakukan agar kayu tidak diserang oleh pasukan rayap. Langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan cara pencegahan hingga finishing yang menjadikan bahan pembuat perabotan lebih tahan lama.

Cara Agar Kayu Tidak dimakan Rayap Tanah

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, anda perlu melakukan setiap tahapan dengan baik. Jika anda merasa kesulitan atau terlalu ribet, anggap saja hal ini adalah persiapan agar anda bisa mendapatkan produk berkualitas dimasa mendatang.

Pilih Kayu Yang Berkualitas Agar Tidak Dimakan Rayap

Langkah pertama yang bisa anda lakukan agar perabotan rumah anda yang terbuat dari kayu awet adalah dengan memilih bahan dasar kayu yang bisa tahan lama. Dalam hal ini anda harus memilih jenis kayu dengan kualitas terbaik diantaranya mempunyai struktur yang kuat dan kokoh, tidak mudah diserang oleh rayap, dan dapat bertahan pada kondisi lembab.

Berikut ini ada beberapa jenis kayu yang bisa anda gunakan untuk kebutuhan furniture anda :

Kayu Jati

Jati adalah salah satu kayu yang sudah dipercaya dari jaman nenek moyang dahulu akan kualitasnya. Saking kokohnya banyak orang yang memilih menggunakan kayu jati ini untuk pembuatan rumah mereka. Untuk ketersediaan kayu jati di Indonesia sendiri sangat melimpah dan jenis kayu ini sangat mudah ditemukan dimana saja.

Kayu Meranti

Selain kayu jati, anda juga bisa memilih kayu meranti. Kayu jenis ini biasanya lebih sering digunakan untuk material lantai rumah. Kayu meranti ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk membuat lantai yang kokoh dan aman dari serangan rayap.

Kayu Sengon

Sengon juga termasuk kayu yang kokoh dan tahan dari rayap. Jika terlalu mahal untuk bisa mendapatkan kayu jati, maka anda bisa menjadikan pilihan kayu sengon ini.

Kayu Merbau

Selain beberapa pilihan jenis kayu diatas, anda juga bisa menggunakan kayu merbau. Meskipun kayu ini mempunyai kualitas dibawah kayu jati, namun setidaknya bisa menjadi pilihan untuk anda.

Kayu Ulin

Kayu ulin bisa dikatakan salah satu bahan baku untuk furniture terbaik, pasalnya jenis kayu yang satu ini mempunyai tektur yang keras dan sulit saat dipotong. Selain itu, kayu ini juga bisa dikatakan tahan dari serangan rayap.

Cara Agar Kayu Tidak Dimakan Rayap

Pengasapan

Sebelum menjadikan kayu untuk bahan furniture sebaiknya anda mengasapinya terlebih dahulu. Pengasapan ini bisa dilakukan langsung pada permukaan. Hal ini bisa disebut dengan metode pengawetan yang kini biasa dilakukan dengan menggunakan oven.

Perendaman

Selain melakukan pengasapan, orang jaman dahulu juga melakukan perendaman terhadap kayu. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk menghindari serangan teter, bubuk dan juga rayap.

Pengolesan

Langkah berikutnya yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan pengolesan memakai bahan anti rayap. Salah satu bahan yang bisa anda gunakan adalah dengan menggunakan oli bekas atau solar.

Penyemprotan

Setelah melakukan beberapa tahapan diatas, selanjutnya anda perlu melakukan finishing seperti mengecat, dan memberinya pelapis. Selain itu, dan juga bisa menggunakan jasa anti rayap agar lebih memastikan keawetan furniture anda. Untuk anda yang tinggal di sekitar Malang, bisa langsung memanggil jasa anti rayap Malang.

Cara Agar Kayu Tidak dimakan Rayap Tanah | Nie Na | 4.5