Cara Membuat Powerbank Sendiri

Cara Membuat Powerbank Sendiri – Dengan berkembangnya zaman yang semakin modern, begitupun teknologi yang semakin maju dan semakin praktis. Kita ambil contoh yang mungkin diantara 8 dari 10 orang pasti sudah mengenal yang namanya Powerbank atau penyimpanan sementara. Powerbank ini sangat berguna ketika kita kehabisan baterai diperjalanan ataupun diacara pesta maka alternatifnya memakai powerbank, karena dalam bentuknya yang minimalis menjadi pilihan semua orang, toh daripada kita charger di deket stop kontak, mending memakai powerbank kita bisa bebas bergerak kemanapun dengan mencharger smartphone kita.

Namun tidak sedikit produk powerbank itu bagus, karena sebagian merk hanya menawarkan penampung daya yang besar saja, akan tetapi memiliki kualitas yang buruk dan cepat rusak. Maka dari itu tidak salahnya kita membuat Powerbank sendiri yang sudah ketauan kualitasnya karena kita sendiri yang membuat, jika belum tau tentang cara membuat powerbank, simak ulasan kartuGSM dibawah.

Cara Membuat Powerbank SendiriEitzz.. sebelum masuk ke pembahasan ada beberapa alat tempur yang harus anda persiapkan untuk membuat powerbank sendiri. Langsung saja tanpa basa basi roll down untuk melihat alat tempurnya :

  • beterai cel 18.650 (bekas baterai laptop yang sudah di refill) minimal 4 buah
  • saklar
  • 2 buah modul ( untuk charger gadget dan charger baterai cell)
  • hampelas
  • solder
  • gunting
  • gergaji besi
  • solasi
  • pingset
  • dan yang terakhir cutter

nahh itu alat tempurnya untuk membuat powerbank sendiri, simple kan alat tempurnya hehe, nah setelah semuanya siap maka langsung saja kita merakitnya, simak ulasan kartuGSM.com untuk membuat powerbank sendiri dirumah, langsung saja cekidott..

  1. Hal pertama yaitu membuat sketsa skema terlabih dahulu, bisa skema sederhana ataupun membuat skema elektro. Tetapi pada ulasan kali ini kartuGSM.com akan membahas tentang cara membuat powerbank sendiri menggunakan rangkaian pararel.
  1. Selanjutnya langkah yang rumit jika tidak menyimak dengan baik-baik, tetapi akan sangat mudah ketika nyimak dengan teliti, langsung saja sambungkan 2 buah kabel (sebut saja merah dan putih) ke 2 buah plat kaleng bekas mamakai penjepit. Nah selanjutnya menyambungkan konektor ke bagian ujung-ujung baterai yang sudah dirakit memakai solasi. Nah setelah sudah semua tahap diatas, sebaiknya cek terlebih dahulu energi dari baterai pada konektor memakai voltmeter. Nah jika sudah di cek dan tersambung maka gulung kembali menggunakan solasi.
  1. Langkah selanjutnya menyambungkan kabel merah dan putih ke modul charger baterai cell yang telah dipersiapkan. Next  sambung 1 kabel merah terhadap modul charger baterai cell ke modul charger gadget anda. selanjutnya anda siapkan 2 buah kabel berwarna biru, dan pasang ke saklar yang sudah disiapkan. Nah anda pasang 1 kabel biru dalam 1 modul. Perlu diingat kutub negatifn & positifnya.
  1. Setelah semua langkah diatas dilakukan silahkan tes kembali dengan bantuan charger ponsel yang sudah tersambung ke listrik. Lalu pasangkan charger ke modul charger baterai cell tersebut.
  1. Langkah terakhir mengetes hasil kerja keras anda, yakni dengan melakukan tes mengirim daya listrik dari powerbank ke smartphone anda menggunakan kabel usb yang menghubungkan smartphone anda dengan powebank.

Nahh, cukup mudah kan? setelah powerbank berhasil menyala, anda hanya perlu membungkus powerbank buatan sendiri dengan secantik mungkin menggunakan gunting, hampelas, gergaji dan peralatan yang lainnya sesuai kebutuhan anda. Demikian ulasan mengenai Cara Membuat Powerbank Sendiri, semoga membantu. kartuGSM.com

Cara Membuat Powerbank Sendiri | Tommy Ardianto | 4.5