Cara Mempercepat Performa/Kinerja Google Chrome

Cara Mempercepat Performa/Kinerja Google ChromeSeperti yang diketahui bersama telah banyak developer aplikasi saat ini yang menawarkan berbagai macam produknya dalam membantu kebutuhan sehari-hari pengguna smartphone. Aplikasi yang sering digunakan oleh pegguna smartphone ialah aplikasi browser. Aplikasi tersebut dapat membantu kita dalam berselancar ke dunia maya dengan mudah. Salah satu aplikasi browser yang dikembangkan oleh Google ialah Chrome.

Selain Google Chrome, masih banyak aplikasi browser lainnya seperti internet explorer, mozila firefox, UC browser, opera mini, dan masih banyak lagi. Namun untuk penggunan smartphone atau tablet PC yang menggunakan sistem operasi Android, aplikasi Google Chrome telah tersedia secara otomatis pada semua perangkat Android. Hal tersebut terjadi karena OS Android merupakan sistem operasi yang dikembangkan oleh Google.

Perlu diingat bahwa setiap aplikasi yang ada memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masih. Hal ini juga berlaku pada Google Chrome yang memiliki kelebihan dan kekurangan yang tentunya membuat pengguna merasa kesal. Dimana kekurangan Google Chrome yang sering terjadi dan dirasakan pengguna ialah ketika scrolling terkadang ngelag saat swap ataupun resize. Untuk itu, kartugsm.com akan memberikan tips cara mempercepat performa atau Kinerja dari Google Chrome.

cara-mempercepat-performa-kinerja-google-chrome

Cara Mempercepat Kinerja Google Chrome

1. Hal pertama yang dapat dilakukan ialah mengetikan chrome://flags pada alamat bar atau  address di Google Chrome

cara mempercepat kinerja google chrome

2. Pilih dan bukalah menu #max-tiles-for-interest-area atau menu (Ubin maksimum untuk area minat).

mempercepat kinerja google chrome

3. Jika tahap diatas telah dilalui, maka akan muncul gambar seperti contoh dibawah ini, kemudian pilihlah angka 512.

kinerja google chrome di android

4. Jika langkah diatas telah dilakukan, maka selanjutnya pilih atau tekan “relaunch” yang terdapat dibagian bawah halaman tadi

Perlu diketahui bahwa cara diatas bertujuan untuk mengalokasikan memori RAM dari suatu perangkat agar lebih dominan pada aplikasi Google chrome. Hasilnya kinerja dari aplikasi tersebut akan lebih baik dan cepat ketika melakukan scrolling tanpa ngelag. Namun untuk perangkat Android dengan RAM berkapasitas kecil, sebaiknya pada langkah ke-3 alokasikan memori RAM ke pilihan yang lebih kecil misalnya 256.

Catatan : Langkah diatas merupakan cara mempercepat kinerja Google Chrome yang bersifat legal atau diperbolehkan oleh pihak Google. Hal tersebut dikarenakan perintah flags pada Google chrome bersifat eksperimental, sehingga bagi para pengguna yang telah advance pihak Google memberikan ijin melakukan eksperimen tersebut.

Cara Mempercepat Performa/Kinerja Google Chrome | Heri Riyanto | 4.5