Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya atau Bervirus

Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya atau BervirusSeperti yang kita ketahui bersama, bahwa Android merupakan sistem operasi yang sifatnya open source. Oleh karena itu, Android sering dianggap sebagai sistem operasi yang memiliki aplikasi berbahaya. Aplikasi berbahaya yang dimaksud ialah aplikasi yang membawa virus atau malware. Sehingga dapat membuat rusak perangkat Android yang kita miliki.

Kehadiran virus pada perangkat Android terkadang tidak disadari oleh pemiliknya, dan sayangnya Google hanya melakukan pemindaian saja terhadap kehadiran malware pada aplikasi-aplikasi di Playstore. Hal ini membuat masih banyaknya virus yang beredar pada aplikasi.

Bagi pengguna Android sebaiknya jangan sembarangan dalam melakukan instalasi sebuah aplikasi yang tidak terpercaya, bisa-bisa yang kita install adalah aplikasi bervirus. Virus yang terinstall nantinya akan memanipulasi atau mencuri data penting yang kita miliki. Untuk itu, kami akan memberikan informasi mengenai ciri-ciri aplikasi yang berbahaya atau mengandung virus.

ciri-ciri-apk-berbahaya

Ciri-ciri aplikasi berbahaya

1. Aplikasi Tidak Tersedia di Play Store

Sistem operasi Android memiliki toko aplikasi yang disebut Google Play Store. Disana kita dapat mencari aplikasi yang dibutuhkan. Namun terkadang kita membutuhkan aplikasi yang tidak disediakan oleh play store. File aplikasi dengan ekstensi .apk dapat diinstal pada perangkat Android, namun terkadang file tersebut lebih beresiko membawa virus. Meskipun Google tidak melarang kita untuk menginstal file aplikasi dengan format .apk, namun sebaiknya kita install aplikasi dari Play Store. Karena segala resiko yang ditimbulkan dari install file aplikasi .apk ditanggung oleh pengguna langsung termasuk terkena virus.

2. Izin Pemasangan yang Mencurigakan

Ciri-ciri aplikasi berbahaya selanjutnya ialah izin pemasangan yang mencurigakan. Jika kita ingin menginstall aplikasi senter, namun dalam proses penginstalan aplikasi meminta izin untuk membaca kontak atau yang lainnya dan tidak ada hubungannya dengan aplikasi senter, maka kemungkinan besar aplikasi tersebut bebahaya dan bisa jadi mengandung virus.

Izin pemasangan yang mencurigakan tersebut dapat mencuri data-data penting pemilik Android. Kemudian data yang telah berhasil dicuri akan di upload kedalam server aplikasi tersebut. Kita juga harus mewaspadai jika ada aplikasi yang meminta izin untuk mengirimkan SMS berbayar. Untuk itu, mulai sekarang setiap install aplikasi harus memperhatikan izin pemasangannya agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

3. Deskripsi Aplikasi tidak Jelas atau Salah

Aplikasi yang memiliki deskripsi tidak jelas atau bahkan salah patut kita waspadai, karena kemungkin aplikasi tersebut dibuat oleh Developer atau pengembang aplikasi yang abal-abal. Sebelum menginstall aplikasi luangkan waktu anda untuk membaca deskripsinya agar terhindar dari aplikasi berbahaya.

4. Ulasan Komentar serta Jumlah Installan Aplikasi mencurigakan

Untuk menghindari aplikasi yang berbahaya atau bervirus, kita juga dapat melihat dari ulasan komentar dari pengguna lain terlebih dahulu serta banyaknya jumlah download pada aplikasi tersebut atau banyaknya pengguna yang menginstall aplikasi tersebut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. kartugsm.com

Ciri-ciri Aplikasi Android Yang Berbahaya atau Bervirus | Heri Riyanto | 4.5