Ini Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan yang Wajib Diketahui

Bagi sebagian orang tua sangat mengidam – idamkan kehadiran sang buah hati di rumah. Lalu bagi calon ibu sebaiknya dapat mencari informasi mengenai tumbuh kembang bayi yang baik dan benar. Terutama mengenai 1000 hari pertama kehidupan sang buah hati. Lalu, seberapa pentingkah 1000 hari pertama kehidupan? Sebagian orang tentunya ada yang belum begitu mengerti atau bahkan sudah faham betul makna 1000 hari kehidupan pertama.

Memiliki anak menjadi salah satu impian semua orang, khususnya bagi pengantin baru atau calon ayah dan bunda baru. Kedatangan sang buah hati dapat menciptakan suasana baru di setiap keluarga, tentunya hal tersebut bisa membuat perasaan bahagia seseorang dan juga bisa menghilangkan rasa penat usai ketemu anak di rumah.

1000 hari kehidupan pertama atau bisa disingkat dengan HPK ini akhir-akhir ini banyak diperbincangkan banyak orang. Tentunya sebagai orang tua, sangat dianjurkan mengetahui informasi tentang 1000 hari pertama.

Hal ini bertujuan agar dapat mengoptimalkan perkembangan anak dengan sebaik-baiknya. Selain itu hal ini juga bertujuan mengurangi angka manutrisi pada anak. Efek dari manultrisi ini bisa hingga anak tersebut sudah besar.

Kenapa Sih 1000 Hari Pertama Kehidupan Itu Penting?

Memulai menghitung 1000 hari pertama kehidupan bukanlah dari kapan si anak lahir, melainkan dari pertama kalinya pembuahan sampai anak tersebut berumur 24 bulan. Perlu Anda ketahui bahwa pada masa ini perkembangan otak dapat menentukan hingga dewasa.

Oleh sebab itu, Anda sebagai orang tua diharuskan dapat mengoptimalkan perkembangan anak pada 1000 hari kehidupan pertama. Salah satunya yaitu dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi secara maksimal.

Sangat dianjurkan agar sebagai orang tua, Anda bisa memenuhi keutuhan nutrisi semenjak anak Anda berada dalam kandungan karena hal ini bisa menunjang perkembangan serta pertumbuhan bayi Anda ketika masih berada dalam kandungan.

Ini Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan yang Wajib Diketahui

Seperti yang sudah dijelaskan di atas untuk memenuhi kebutuhan nutrisi dimulai semenjak bayi dalam kandungan agar bayi selalu sehat hingga usianya bertambah dan resiko lahir prematur sangatlah kecil.

Rata-rata bayi yang terlahir prematur, biasanya kurang asupan gizi, kurangnya nutrisi dan juga karena sang bunda terlalu banyak fikiran serta kegiatan. Bayi prematur memiliki resiko gangguan terhadap kesehatanya jauh lebih tinggi usai lahir. Lalu bagaimana cara mengoptimalkannya?

Sebagai seorang ibu, Anda bisa mengoptimalkanya dengan cara memberikan ASI eksklusif hingga bayi berusia 6 bulan dan dilanjutkan dengan memberi MPASI yaitu makanan pendamping ASI jika bayi sudah berusia di atas 6 bulan.

Selain itu, Anda juga dianjurkan memberikan kebutuhan sang buah hati di 1000 hari pertama kehidupan seperti kebutuhan nutrisi, pemberian stimulasi, cinta, kasih sayang, imunisasi agar tumbuh kembang sang buah hati berjalan lancar.

Karena 1000 hari pertama kehidupan sangatlah penting. Jadi para orang tua  sangat dianjurkan untuk mempersiapkan hal yang bisa memaksimalkan tumbuh kembang bayi secara optimal dan maksimal. Hal itu bisa dilakukan saat ayi masih dalam kandungan dan juga saat bayi sudah berusia 2 tahun.

1000 hari pertama kehidupan dimulai dari pertama kalinya pembuahan. Nah, pada masa kehamilan, Anda bisa memenuhi asupan gizi dan nutrisi dengan cara sang ibu dapat mengonsumsi makanan dan minuman yang bergizi.

Selain itu ibu hamil juga memerlukan tambahan kalori dan juga dianjurkan untuk memeriksakan kandungan ke dokter atau bidan terdekat setiap bulanya agar mengetahui perkembangan bayi yang ada di dalam kandungan.

Pada masa kehamilan dan setelah bayi lahir, tetap lanjutkan memeriksakan bayi untuk mengeontrol perkemangan pertumbuhan kemang anak agar Anda bisa mengetahui  keadaan anak Anda dan tentang asupan gizi anak yang diperlukan.

Setelah itu lengkapi juga dengan pemberian vaksin serta vitamin untuk sang buah hati tercinta. Hal tersebut dilakukan agar dapat mencegah penyakit dikemudian hari hingga dewasa nantinya.

Jadi Ini Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan yang Wajib Diketahui agar dapat memberi asupan nutrisi serta gizi yang cukup untuk anak Anda. Semoga bermanfaat bagi Anda semua khususnya bagi yang membaca.

Ini Pentingnya 1000 Hari Pertama Kehidupan yang Wajib Diketahui | Nurul Hidayah | 4.5