Perbedaan HDD dan SSD

Untuk anda yang setiap hari menggunakan komputer atau laptop, maka anda sudah pasti mengenal apa istilah dari kata HDD. Rata-rata orang menyebut HDD ini adalah nama lain dari harddisk yakni sebagai tempat untuk penyimpanan berbagai data di komputer atau laptop anda. Hingga saat ini, perkembangan teknologi juga membuat HDD ikut berkembang dan munculah perangkat penyimpanan data terbaru.

Penyimpanan data tersebut juga memiliki sebutan nama yakni SSD. Baik HDD dan SSD memiliki fungsi yang sama persis, namun ada perbedaan seperti data SSD tidak tersimpan pada lapisan-lapisan magnetik layaknya HDD. Untuk SSD sendiri menyimpan semua data pada chip-chip emory flash yang saling terhubung satu sama lain.

Perbedaan juga terletak pada flash SSD yang sudah memiliki kecepatan yang lebih tinggi daripada Flashdisk. Sehingga bisa dipastikan meski memiliki kapasitas sama persis antara HDD dan SSD, maka harga SSD akan sedikit lebih mahal. Berikut ini adalah perbedaan lebih detil antara HDD dan SSD.
HDD dan SSD
1. Kecepatan baca tulis data

SSD jelas jauh lebih unggul dengan kecepatan baca yang diklaim mencapai 8 kali lebih cepat dibanding dengan HDD. Bahkan hal ini juga bisa dibuktikan dengan kecepatan booting PC yang menggunakan SSD hanya dalam hitungan detik saja. Sementara ketika PC menggunakan HDD maka proses booting bisa memakan puluhan detik hingga hitungan menit.

2. Fragmentasi

Kelemahan lain dari HDD adalah kinerja HDD akan terus menurun akibat Fragmentasi yakni ketika sudah penuh dengan file, maka file-file yang sudah tersimpan dapat terpencar. Sementara itu untuk SSD sudah tidak terbebas dari problem ini karena semua data tersimpan di dalam chip flash.

3. Ukuran

SSD jelas lebih ringkas dan lebih ringan karena tidak membutuhkan berbagai material seperti milik HDD yang harus membawa platter, head, dll. Bahkan SSD sendiri kali ini tersedia ukuran 2,5 inci yang biasa digunakan untuk laptop.

4. Sistem Kerja

HDD sendiri menggunakan piringan, motor dan lengan yang terhubung ke piringan. Sementara untuk SSD sudah bebas komponen tersebut karena sudah tidak menggunakan aktivitas mekanik dan elektrik.

Perbedaan HDD dan SSD | Agus Wahyudi | 4.5